Unknown

Nama sekolah              : SMP N Tasikmalaya
Mata pelajaran             : Bahasa Indonesia
Alokasi waktu             : 2x40 menit
Kelas/Semester            : lX/Ganjil
Aspek                          : Menulis
A.    Standar Kompetensi
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk karya ilmiah sederhana, teks pidato, dan surat pembaca
B.     Kompetensi Dasar
Menulis teks pidato/ceramah/ khotbah dengan sistematika dan bahasa yang efektif
C.    Indikator
1.      Menjelaskan komponen dan sistematika penulisan teks pidato dengan menggunakan kalimat yang efektif
2.      Menulis kerangka teks pidato dengan memperhatikan komponen-komponennya
3.      Menulis teks pidato sesuai kerangka yang dibuat dengan memperhatikan sistematika pidato
4.      Menulis teks pidato sesuai kerangka yang dibuat dengan memperhatikan keefektifan kalimat
5.      Menulis teks pidato sesuai kerangka yang dibuat dengan memperhatikan penggunaan tanda baca
6.      Menulis teks pidato sesuai kerangka yang dibuat dengan memperhatikan huruf capital

D.    Tujuan Pembelajaran
Setelah memahami konsep tentang teks pidato siswa diharapkan            :
1.      Menjelaskan komponen dan sisttematika penulisan teks pidato/ceramah/khotbah dengan menggunakan kalimat yang efektif, intonasi, pelafalan serta volume suara yang sesuai
2.      Menulis kerangka teks pidato/ceramah/khotbah dengan memperhatikan komponen-komponennya
3.      Menulis teks pidato/ceramah/khotbah sesuai dengan kerangka yang telah dibuat dengan memperhatikan sistematika, keefektifan kalimat, penggunaan tanda baca, dan huruf kapital
E.     Materi Ajar
Cara menulis teks pidato   :
1.      Pengertian pidato
2.      Komponen-komponen pidato
3.      Sistematika pidato
4.      Keefektifan kalimat
5.      Penggunaan huruf capital dan tanda baca
F.     Strstegi Pembelajaran
1.      Model                    : Berdua Berpasangan
2.      Pendekatan           : Kontekstual
3.      Metode                  : UnjukKerja
G.    Kegiata Pembelajaran
1.      Kegiatan awal
a.       Siswa menjawab salam yang diucapkan guru
b.      Siswa mengkondisika kelas dengan cara berdoa
c.       Siswa menjawab pertanyaan  yang diajukan guru berkaitan dengan materi yang pernah dipelajarinya
d.      Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan guru berkaitantan dengan materi yang akan dipelajari hari ini
e.       Siswa memeperhatikan penjelasan guru mengenai tujuan pembelajaran yang harus dicapai selama dan setelah mengikuti pembelajaran yang akan dilaksanakan
2.      Kegiatan Inti
a.       Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang komponen dan sistematika pidato dengan sungguh-sungguh
b.      Siswa berpasangan dengan teman sebelahnya
c.       Setiap pasangan bertugas untuk membuat teks pidato
d.      Siswa menulis teks pidato dengan sistematika dan bahasa yang efektif
3.      Kegiatan Akhir
a.       Siswa dan guru menyimpulkan materi pembelajaran
b.      Dengan bimbingan guru siswa melaksanakan refleksi pelaksanaan pembelajaran
c.       Secara individu siswa mengerjakan postes (menulis teks pidato)
d.      Siswa menerima tugas pendalaman dari guru.
H.    Media dan Sumber Belajar
1.      Buku teks
2.      Contoh teks pidato
I.       Jenis Tagihan
Tugas individu
J.      Bentuk dan Instrument Penilaian
Unjuk kerja
Teks pidato hasil tulisan siswa





K.    Rubik Penilaian
1.      Buatlah teks pidato dengan tema pendidikan!
N  NO
Aspek yang dinilai
Skor
Bobot
1
Keefektifan kalimat
a.       Efektif
b.      Kurang efektif
c.       Tidak efektif

3
2
1


5
2
Kelengkapan komponen teks pidato
a.       lengkap
b.      Kurang lengkap
c.       Tidak lengkap

3
2
1


5
3
Sistemattika penulisan
a.       Sistematis
b.      Kurang sistematis
c.       Tidak sistematis

3
2
1


5
4
Penggunaan tanda baca
a.       Tepat
b.      Kurang tepat
c.       Tidak tepat

3
2
1


5
5
Penggunaan huruf capital
a.       Tepat
b.      Kurang tepat
c.       Tidak tepat

3
2
1


5