deyanz setyaa



1.      Judul Buku                  :           Bahasa Indonesia Membuatku Cerdas
2.      Penulis                         :           Edi Warsidi dan Farika
3.      Ukuran Buku              :           17,5 x 25 cm
4.      Penerbit                       :           Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
5.      Tahun Terbit                :           2008

Buku di atas akan diteliti untuk mengetahui kelayakannya sebagai buku sumber pembelajaran Bahasa Indonesia kelas VI yakni dilihat dari SK dan KD nya serta kesesuaian isi buku dengan kurikulum.
Dalam melakukan penelitian, penelitian ini menggunakan pedoman atau kriteria penelaah Buku teks yang telah disimpulkan dalam modul keempat. Butir-butir kriteria telaah buku teks tersebut berisi pendekatan, tujuan, bahan, metode, media, evaluasi dan bahasa.

a.       Pendekatan
Dalam buku teks Bahasa Indonesia Membuatku Cerdas ini pengarang berpatokan pada tiga komponen proses belajar mengajar dari segi bahan terlihat bahwa setiap pelajaran dalam buku ini mengedepankan empat pokok bahasan, yaitu:
1)   Mendengarkan
2)   Berbicara
3)   Membaca
4)   Menulis
b.      Tujuan
        Secara umum para penyusun Buku teks Bahasa Indonesia bertujuan untuk membekali siswa mengenai keilmuan tentang bahasa khususnya bagaimana berbahasa Indonesia dengan baik dan benar. Demikian juga hanya dengan buku ini penulis bertujuan untuk membekali siswa dengan ilmu kesusastraan dan juga memperoleh kemampuan berbahasa dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tulisan.

c.       Bahan
        Dalam buku teks yang berjudul Bahasa Indonesia Membuatku Cerdas ini pengarang menyajikan bahan dan materi yang cocok sesuai untuk dijadikan sebagai bahan pembelajaran. Itu dapat dilihat dari cara penulis menyajikan bahan di setiap pelajaran, yakni terdapat keempat aspek ketrampilan dalam berbahasa Indonesia antara lain, yaitu:
1)   Mendengarkan
2)   Berbicara
3)   Membaca
4)   Menulis
Untuk lebih jelasnya mari kita lihat bagian isi setiap butir khusus semester satu mulai dari pelajaran pertama.
1)   Mendengarkan
(a)    Mari memahami cerita
(b)   Mari menceritakan isi drama
2)   Berbicara
(a)    Mari belajar menyampaikan informasi
(b)   Mari belajar menanggapi sesuatu
(c)    Mari belajar berpidato dengan baik
(d)   Mari membacakan puisi karyamu
(e)    Mari belajar melaporkan isi buku
3)   Membaca
(a)    Mari mendeskripsikan laporan kunjungan
(b)   Mari belajar menanggapi isi rubik
(c)    Mari belajar memahami isi naskah drama
(d)   Mari belajar menemukan makna bacaan
4)   Menulis
(a)    Mari Belajar Menuliskan Hal Penting dari Bacaan
(b)   Mari membuat ringkasan bacaan
(c)    Mari belajar menyusun percakapan
(d)   Mari belajar mengisi formulir
(e)    Mari membuat parafrase
(f)    Mari menyimpulkan isi berita
(g)   Mari belajar menulis surat resmi
(h)   Mari belajar menyusun naskah pidato
d.      Metode
Menurut pengamatan peneliti buku ini layak dijadikan bahan sumber pembelajaran, karena dapat dilihat dari cara pengarang atau penulis menyampaikan bahanya tidak bersifat monoton. Itu dapat dilihat dari beberapa teknik penyajian bahanya, antara lain:
1)   Penjelasan
2)   Penegasan
3)   Latihan
4)   Tugas Mandiri
5)   Evaluasi

e.       Media
        Fungsi media dalam pengajaran sangat penting untuk memperjelas atau memudahkan siswa dalam memahami pelajaran. Itu terlihat jelas dalam buku ini yakni terdapat beberapa media pembelajaran yang bertujuan memudahkan siswa dalam memahami pelajaran, antara lain terdapat:
1)      Tabel
2)      Contoh- contoh
3)      Rangkuman materi di akhir pembahasan
f.       Evaluasi
        Evaluasi sangat penting sekali dalam mengetahui keberhasilan sesuai proses pembelajaran. Dalam buku ini juga sangat tepat sesuai penulis selalu membuat evaluasi di setiap akhir pembahsan materi berupa tugas-tugas. Berupa pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang disajikan.
g.      Tata bahasa
Dari segi pemakaian bahasa, buku teks yang berjudul Bahasa Indonesia Membuatku Cerdas ini, dapat dijadikan sebagai sumber contoh serta teladan bagi setiap masyarakat pembelajar dan pengguna bahasa, karena berdasarkan penelitian yang telah dilakukan bahwa struktur dan penggunaan bahasa dalam buku ini sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia. Baik dilihat dari struktur kalimatnya, pilihan katanya, gaya bahasa serta penggunaan tanda baca yang benar.
Dari hasil analisis di atas peniliti menyimpulkan bahwa buku teks yang berjudul ”Bahasa Indonesia Membuatku Cerdas”  yang diperuntukan kelas VI layak untuk dijadikan buku atau sumber pembelajaran.





Label: