1. Judul
Buku : Bahasa Indonesia Membuatku Cerdas
2. Penulis : Edi Warsidi dan Farika
3. Ukuran
Buku : 17,5 x 25 cm
4. Penerbit : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
5. Tahun
Terbit : 2008
Buku di atas akan diteliti
untuk mengetahui kelayakannya
sebagai buku sumber pembelajaran Bahasa Indonesia kelas VI yakni dilihat dari
SK dan KD nya serta kesesuaian isi buku dengan kurikulum.
Dalam
melakukan penelitian, penelitian ini menggunakan pedoman atau kriteria penelaah
Buku teks yang telah disimpulkan dalam modul keempat. Butir-butir kriteria
telaah buku teks tersebut berisi pendekatan, tujuan, bahan, metode, media,
evaluasi dan bahasa.
a. Pendekatan
Dalam
buku teks Bahasa Indonesia Membuatku Cerdas ini pengarang berpatokan pada tiga
komponen proses belajar mengajar dari segi bahan terlihat bahwa setiap
pelajaran dalam buku ini mengedepankan empat pokok bahasan, yaitu:
1)
Mendengarkan
2)
Berbicara
3)
Membaca
4)
Menulis
b.
Tujuan
Secara
umum para penyusun Buku teks Bahasa Indonesia bertujuan untuk membekali siswa
mengenai keilmuan tentang bahasa khususnya bagaimana berbahasa Indonesia dengan
baik dan benar. Demikian juga hanya dengan buku ini penulis bertujuan untuk
membekali siswa dengan ilmu kesusastraan dan juga memperoleh kemampuan
berbahasa dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tulisan.
c.
Bahan
Dalam buku teks yang berjudul Bahasa
Indonesia Membuatku Cerdas ini pengarang menyajikan bahan dan materi yang cocok
sesuai untuk dijadikan sebagai bahan pembelajaran. Itu dapat dilihat dari cara
penulis menyajikan bahan di setiap pelajaran, yakni terdapat keempat aspek
ketrampilan dalam berbahasa Indonesia antara lain, yaitu:
1) Mendengarkan
2)
Berbicara
3)
Membaca
4)
Menulis
Untuk lebih jelasnya mari kita
lihat bagian isi setiap butir khusus semester satu mulai dari pelajaran
pertama.
1)
Mendengarkan
(a)
Mari memahami cerita
(b)
Mari menceritakan isi
drama
2)
Berbicara
(a)
Mari belajar
menyampaikan informasi
(b)
Mari belajar menanggapi
sesuatu
(c)
Mari belajar berpidato
dengan baik
(d)
Mari membacakan puisi
karyamu
(e)
Mari belajar melaporkan
isi buku
3)
Membaca
(a)
Mari mendeskripsikan
laporan kunjungan
(b)
Mari belajar menanggapi
isi rubik
(c)
Mari belajar memahami
isi naskah drama
(d)
Mari belajar menemukan
makna bacaan
4)
Menulis
(a)
Mari Belajar Menuliskan
Hal Penting dari Bacaan
(b)
Mari membuat ringkasan
bacaan
(c)
Mari belajar menyusun
percakapan
(d)
Mari belajar mengisi
formulir
(e)
Mari membuat parafrase
(f)
Mari menyimpulkan isi
berita
(g)
Mari belajar menulis
surat resmi
(h)
Mari belajar menyusun
naskah pidato
d.
Metode
Menurut
pengamatan peneliti buku ini layak dijadikan bahan sumber pembelajaran, karena
dapat dilihat dari cara pengarang atau penulis menyampaikan bahanya tidak
bersifat monoton. Itu dapat dilihat dari beberapa teknik penyajian bahanya,
antara lain:
1)
Penjelasan
2)
Penegasan
3)
Latihan
4)
Tugas Mandiri
5)
Evaluasi
e.
Media
Fungsi
media dalam pengajaran sangat penting untuk memperjelas atau memudahkan siswa
dalam memahami pelajaran. Itu terlihat jelas dalam buku ini yakni terdapat
beberapa media pembelajaran yang bertujuan memudahkan siswa dalam memahami
pelajaran, antara lain terdapat:
1)
Tabel
2)
Contoh- contoh
3)
Rangkuman materi di
akhir pembahasan
f.
Evaluasi
Evaluasi sangat penting sekali dalam
mengetahui keberhasilan sesuai proses pembelajaran. Dalam buku ini juga sangat
tepat sesuai penulis selalu membuat evaluasi di setiap akhir pembahsan materi
berupa tugas-tugas. Berupa pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang
disajikan.
g.
Tata bahasa
Dari segi
pemakaian bahasa, buku teks yang berjudul Bahasa Indonesia Membuatku Cerdas ini,
dapat dijadikan sebagai sumber contoh serta teladan bagi setiap masyarakat
pembelajar dan pengguna bahasa, karena berdasarkan penelitian yang telah
dilakukan bahwa struktur dan penggunaan bahasa dalam buku ini sesuai dengan
kaidah bahasa Indonesia. Baik dilihat dari struktur kalimatnya, pilihan
katanya, gaya bahasa serta penggunaan tanda baca yang benar.
Dari hasil
analisis di atas peniliti menyimpulkan bahwa buku teks yang berjudul ”Bahasa
Indonesia Membuatku
Cerdas” yang diperuntukan kelas VI layak
untuk dijadikan buku atau sumber pembelajaran.