Nama
sekolah : SMP
Mata
pelajaran : Bahasa dan Sastra
Indonesia
Kelas : IX
Semester : 2
Standar
kompetensi : Mendengarkan
9. Memahami isi
pidato/khotbah/ceramah.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Indikator
|
Pengalaman Belajar
|
Penialain
|
Alokasi Waktu
|
Media/
Sumber Belajar
|
9.1 Menyimpulkan pesan pidato/ceramah/khotbah
yang didengar
|
Cara memahami isi pidato
|
·
Menuliskan
ide pokok pidato
·
Menuliskan simpulan
isi pidato dengan kalimat yang efektif
·
Menuliskan simpulan
isi pidato secara runtut
·
Menuliskan simpulan
isi pidato dengan informasi yang lengkap
·
Mengungakapkan
simpulan isi pidato dengan intonasi yang tepat
·
Mengungakapkan
simpulan isi pidato dengan pelafalan yang tepat
·
Mengungakapkan
simpulan isi pidato dengan volume suara yang sesuai
|
·
Siswa membuat
kelompok dengan
tertib dan bijaksana, setiap siswa dalam kelompok
mendapatkan nomor
·
Siswa menyimak
pidato yang diberikan oleh guru
·
Siswa mencatat hal-hal penting dari pidato
yang disampaikan oleh guru
·
Siswa mendiskusikan
hal-hal penting dalam pidato lalu menyimpulkanya secara tulis
·
Siswa memaparkan
simpulan dari pidato yang disimak sesuai dengan nomor yang disebutkan ooleh
guru.
|
Jenis tagihan :
a.
Tugas individu
b.
Tugas kelompok
c.
Laporan
Bentuk
instrumen :
a.
Test uraian
Contoh instrumen :
·
Tulislah ide pokok dari pidato yang didengar.
·
Buatlah simpulan dari isi pidato yang didengar.
·
Laporkanlah hasil simpulan isi pidato yang didengar secara lisan.
|
2 Jp
|
Teks pidato
dari media masa.
|
9.2 Memberi komentar tentang isi
pidato
|
Cara memberi komentar.
|
·
Menuliskan beberapa
hal yang akan dikomentari dari isi pidato
·
Mengungkapkan
komentar dengan menggunakan etika berkomentar
·
Mengungkapkan
komentar dengan intonasi yang tepat
·
Mengungkapkan
komentar dengan pelafalan yang tepat
·
Mengungkapkan
komentar dengan volume suara yang sesuai
·
Mengungkapkan
komentar tentang isi pidato dengan disertai alasan yang logis
·
Mengungkapkan
komentar tentang isi pidato dengan menggunakan kalimat yang efektif
|
·
Siswa mendengarkan
materi tentang pidato yang disampaikan guru dengan sungguh-sungguh
·
Siswa berpidato
untuk mewakili teman-temannya
·
Siswa yang lain
menyimak pidato yang disampaikan temannya dengan tertib
·
Siswa berkomentar
tentang pidato yang disampaikan temannya
·
Siswa yang lain
diberi kesempatan untuk berpidato dan mendengarkan tanggapan serta pengarahan
dari guru.
|
Jenis tagihan :
a.
Tugas individu
Bentuk
instrumen :
a.
Perfomansi
b.
Test uraian
Contoh instrumen :
·
Tulislah beberapa hal yang akan anda komentari dari pidato yang ditampilkan.
·
Berilah komentar pada perfomansi pidato yang ditampilkan.
|
2 Jp
|
Buku paket, teks
pidato
dari media masa.
|
SILABUS
Nama
sekolah : SMA…
Mata
pelajaran : Bahasa dan Sastra
Indonesia
Kelas : IX
Semester : 2
Standar
kompetensi : Berbicara
10. Mengungkapkan pikiran perasaan dan informasi dalam
pidato dan diskusi
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Indikator
|
Pengalaman Belajar
|
Penialain
|
Alokasi Waktu
|
Media/
Sumber Belajar
|
10.1 Berpidato dengan intonasi yang tepat
dan artikulasi serta volume suara
yang jelas
|
Teknik berpidato
|
·
Menuliskan kerangka
pidato dengan memperhatikan sistematika pidato
·
Menuliskan kerangka
pidato dengan memperhatikan komponen pidato
·
Menuliskan kerangka
pidato dengan memperhatikan penggunaan huruf kapital
·
Menuliskan kerangka
pidato dengan memperhatikan tanda baca
·
Menuliskan kerangka
pidato dengan memperhatikan keruntutan
·
Menuliskan kerangka
pidato dengan memperhatikan keefektifan kalimat
·
Berpidato dengan
intonasi yang
tepat
·
Berpidato dengan
pelafalan yang
tepat
·
Berpidato dengan
volume suara yang sesuai
·
Berpidato dengan
kalimat yang efektif
|
·
Siswa membentuk
beberapa kelompok dengan tertib
·
Setiap siswa dalam
kelompok mendapatkan nomor
·
Masing-masing
kelompok membuat teks pidato
·
Siswa yang nomornya
disebut oleh guru, maju untuk berpidato mewakili kelompoknya dengan percaya diri
·
Siswa kelompok lain
yang nomornya disebut oleh guru memberikan komentar tentang intonasi,
artiikulasi, serta volume suara yang sesuai.
|
Jenis tagihan :
a.
Tugas kelompok
Bentuk
instrumen :
a.
Test uraian
b.
perfomansi
Contoh instrumen :
·
Susunlah sebuah kerangka pidato secara berkelompok
·
Lakukanlah pidato berdasarkan kerangka yang telah disusun
|
2 Jp
|
Buku paket
|
10.2
Menerapkan prinsip-prinsip diskusi
|
Penerapan prinsip-prinsip diskusi
|
·
Menjelaskan
prinsip-prinsip diskusi
·
Berdiskusi dengan
pelafalan yang
tepat
·
Berdiskusi dengan intonasi yang tepat
·
Berdiskusi dengan
volume suara yang jelas
·
Berdiskusi dengan
menerapkan prinsip-prinsip serta etika berdiskusi
|
·
Siswa membentuk
kelompok yang anggotanya 4 orang secara heterogen dengan tertib
·
Siswa mendengarkan
materi tentang prinsip-prinsip diskusi dengan serius
·
Siswa menerima
materi yang harus didiskusikan dengan menerapkan prinsip-prinsip diskusi
·
Siswa berdiskusi
memecahkan masalah dengan menerapkan prinsip-prinsip dikusi secara sungguh-sungguh
|
Jenis tagihan :
b.
Tugas individu
a.
Tugas kelompok
Bentuk
instrumen :
a.
Test uraian
Contoh instrumen :
·
Jelaskanlah prinsip-prinsip dalam berdiskusi.
·
Berdiskusilah dengan menerapkan prinsip-prinsip berdiskusi.
|
2 Jp
|
Buku paket, daftar permasalahan
dari media masa.
|
SILABUS
Nama
sekolah : SMA…
Mata
pelajaran : Bahasa dan Sastra
Indonesia
Kelas : IX
Semester : 2
Standar
kompetensi : Membaca
11. Memahami rgamm wacana tulis dengan membaca ekstensif,
membaca intensif, dan membaca cepat
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Indikator
|
Pengalaman Belajar
|
Penialain
|
Alokasi Waktu
|
Media/
Sumber Belajar
|
11.1
Menemukan gagasan dari beberapa artikel dan buku melalui kegiatan
membaca ekstensif
|
Menentukan gagasan artikel
|
·
Menjelaskan teknik membaca
ekstensif dengan kalimat yang efektif
·
Menuliskan
gagasan dari beberapa artikel melalui kegiatan membaca ekstensif
·
Mengungkapkan
gagasan dari beberapa artikel dengan menggunakan kalimat yang efektif
·
Mengungkapkan
gagasan dari beberapa artikel dengan intonasi yang tepat
·
Mengungkapkan
gagasan dari beberapa artikel dengan pelafalan yang tepat
·
Mengungkapkan
gagasan dari beberapa artikel dengan volume suara yang sesuai
|
·
Siswa membaca
artikel melalui kegiatan membaca ekstensif dengan sunggup-sungguh.
·
Siswa mencatat pokok pikiran dari
artikel yang dibaca.
·
Siswa berpasangan
dengan teman sebelahnya dan mengutarakan isi pemikiran masing-masing dengan tertib.
·
Salah seorang
siswa dari pasangan tersebut menyampaikan gagasan pokok dari
artikel yang dibaca
|
Jenis tagihan :
a.
Tugas individu
b.
Tugas kelompok
c.
Laporan
Bentuk
instrumen :
a.
Test uraian
Contoh instrumen :
·
Jelaskanlah teknik membaca ekstensif.
·
Tulislah gagasan dari beberapa artikel
melalui kegiatan membaca ekstensif.
·
Ungkapkan secara lisan gagasan dari
beberapa artikel yang telah dibaca
|
2 Jp
|
Artikel dari media masa.
|
11.2
Mengubah sajian grafik, tabel, atau bagan menjadi uraian melalui kegiata membaca
intensif
|
cara mengubah grafik, menjadi
uraian
|
·
Menjelaskan teknik
membaca intensif dengan kalimat yang efektif
·
Menuliskan sajian
grafik menjadi uraian dengan menggunakan kalimat yang efektif
·
Menuliskan sajian
grafik menjadi uraian dengan memperhatikan penggunaan huruf kapital
·
Menuliskan sajian
grafik menjadi uraian dengan tanda baca
|
·
Siswa mendengarkan
penjelasan guru tentang membaca intensif dengan serius
·
Siswa melihat gambar
grafik dan membacanya dengan menggunakan teknik membaca intensif
·
Siswa mengubah
sajian grafik tersebut menjadi sebuah uraian dengan memperhatikan
keefektifan kalimat, penggunaan huruf kapital dan tanda
baca dengan
teliti.
|
Jenis tagihan :
a.
Tugas individu
Bentuk
instrumen :
a.
Test uraian
Contoh instrumen :
·
Jelaskanlah teknik membaca intensif dengan menggunakan kalimat yang
efektif.
·
Ubahlah sajian grafik yang telah and abaca menjadi sebuah uraian
|
2 Jp
|
Buku paket, sajian grafik.
|
11.3
Menyimpulkan gagasan utama suatu teks dengan membaca cepat ±200 kata
per menit
|
Penyimpulan isi gagasan
|
·
Menjelaskan tentang
teknik membaca cepat ±200 kata per menit
·
Membaca suatu teks
dengan teknik membaca cepat ±200 kata per menit
·
Menuliskan gagasan utama suatu teks dengan menggunakan
kalimat yang efektif
·
Mengungkapkan
gagasan utama yang telah ditulis dengan menggunakan kalimat yang efektif
·
Mengungkapkan
gagasan utama yang telah ditulis dengan intonasi yang tepat
·
Mengungkapkan
gagasan utama yang telah ditulis dengan pelafalan yang tepat
·
Mengungkapkan
gagasan utama yang telah ditulis dengan volume suara yang sesuai
|
·
Siswa mendengarkan
penjelasan tentang membaca cepat ±200 kata per menit
·
Siswa membentuk
beberapa kelompok, setiap siswa dalam kelompok mendapat nomor secara tertib
·
Siswa mendapatkan
teks dari guru lalu membacanya dengan teknik membaca cepat 200 kata per menit
·
Siswa mencatat
gagasan utama dan mendiskusikannya dalam kelompok dengan sungguh-sungguh
·
Siswa yang nomornya
dipangil oleh guru menjelaskan gagasan utama yang berupa simpulan dari teks
yang sudah dibaca.
|
Jenis tagihan :
a.
Tugas individu
b.
Tugas kelompok
c.
Laporan
Bentuk
instrumen :
a.
Test uraian
Contoh instrumen :
·
Jelaskanlah teknik membaca intensif.
·
Tulislah gagasan utama suatu teks melalui
kegiatan membaca ekstensif.
·
Ungkapkan gagasan utama teks yang telah dibaca
|
2Jp
|
Teks non sastra dari media masa.
|
SILABUS
Nama
sekolah : SMP
Mata
pelajaran : Bahasa dan Sastra
Indonesia
Kelas : IX
Semester : 2
Standar
kompetensi : Menulis
12. Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk karya ilmiah sederhana, teks
pidato, dan surat pembaca
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Indikator
|
Pengalaman Belajar
|
Penialain
|
Alokasi Waktu
|
Media/
Sumber Belajar
|
12.1
Menulis karya ilmiah sederhana dengan menggunakan berbagai sumber
|
Menulis karya ilmiah
|
·
Menjelaskan
jenis-jenis karya ilmiah dengan menggunakan kalimat yang efektif
·
Menulis karya ilmiah
sederhana dari berbagai sumber dengan menggunakan sistematika yang tepat
·
Menulis karya ilmiah sederhana dengan memperhatikan
penggunaan huruf kapital
·
Menulis karya ilmiah sederhana dengan memperhatikan
tanda baca yang tepat
·
Menulis karya ilmiah sederhana dengan menggunakan
kalimat yang
efektif
|
·
Siswa mendengarkan
penjelasan guru tentang pengertian, jenis-jenis dan sistematika penulisan
karya ilmiah dengan seksama
·
Siswa berpasangan
dengan teman sebelahnya
·
Setiap pasangan
bertugas untuk membuat karya ilmiah sederhana dengan menggunakan berbagai
sumber secara
tertib
|
Jenis tagihan :
a.
Tugas individu
b.
Tugas kelompok
Bentuk
instrumen :
a.
Test uraian
Contoh instrumen :
·
Jelaskan jenis-jenis karya ilmiah
dengan menggunakan kalimat yang efektif.
·
Buatlah sebuah karangan ilmiah sederhana secara berpasangan.
|
4 Jp
|
Buku paket.
|
12.2 Menulis teks pidato/ceramah/ khotbah dengan
sistematika dan bahasa yang efektif
|
cara menulis teks pidato
|
·
Menjelaskan komponen
dan sistematika penulisan teks pidato dengan menggunakan kalimat yang efektif
·
Menulis kerangka
teks pidato dengan memperhatikan komponen-komponennya
·
Menulis teks pidato
sesuai kerangka yang dibuat dengan memperhatikan sistematika pidato
·
Menulis teks pidato
sesuai kerangka yang dibuat dengan memperhatikan keefektifan kalimat
·
Menulis teks pidato
sesuai kerangka yang dibuat dengan memperhatikan penggunaan tanda baca
·
Menulis teks pidato
sesuai kerangka yang dibuat dengan memperhatikan huruf kapital
|
·
Siswa mendengarkan
penjelasan guru tentang komponen dan sistematika pidato dengan sungguh-sungguh
·
Siswa berpasangan
dengan teman sebelahnya
·
Setiap pasangan
bertugas untuk membuat teks pidato
·
Siswa menulis teks
pidato dengan sistematika dan bahasa yang efektif
|
Jenis tagihan :
a.
Tugas individu
b.
Tugas kelompok
Bentuk
instrumen :
a.
Test uraian
Contoh instrumen :
·
Jelaskan komponen dan sistematika pidato.
·
Buatlah kerangka
teks pidato dengan memperhatikan komponen-komponennya.
·
Buatlah teks pidato berdasarkan kerangka yang telah dibuat.
|
2 Jp
|
Buku paket, teks
pidato
dari media masa.
|
12.3
Menulis surat pembaca tentang lingkungan sekolah
|
Cara menulis surat pembaca
|
·
Menjelaskan
pengertian, komponen surat pembaca dengan kalimat yang efektif
·
Menulis kerangka
teks surat pembaca dengan memperhatikan komponen-komponennya
·
Menulis surat
pembaca dengan memperhatikan sistematika surat pembaca
·
Menulis surat
pembaca dengan memperhatikan keefektifan kalimat
·
Menulis surat
pembaca dengan memperhatikan penggunaan tanda baca
·
Menulis surat
pembaca dengan memperhatikan huruf kapital
|
·
Siswa mendengarkan
penjelasan guru tentang komponen dann sistematika penulisan surat pembaca dengan cermat
·
Siswa berpasangan
dengan teman sebelahnya
·
Setiap pasangan
bertugas untuk membuat surat pembaca dengan bekerjasama
·
Siswa menulis surat
pembaca tentang lingkungan sekolah dengan memperhatikan sistematika dan
bahasa yang efektif
|
Jenis tagihan :
a.
Tugas individu
b.
Tugas kelompok
Bentuk instrumen
a. Test uraian
Contoh instrumen
·
Jelaskan komponen surat pembaca.
·
Buatlah kerangka
teks surat
pembaca dengan memperhatikan
komponen-komponennya.
·
Buatlah surat pembaca berdasarkan kerangka yang telah dibuat.
|
2Jp
|
Buku paket, surat pembaca dari media masa.
|
SILABUS
Nama
sekolah : SMP
Mata
pelajaran : Bahasa dan Sastra
Indonesia
Kelas : IX
Semester : 2
Standar kompetensi :
Mendengarkan
13. Memahami wacana sastra melalui kegiatan mendengarkan
pembacaan kutipan atau sinopsis
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Indikator
|
Pengalaman Belajar
|
Penialain
|
Alokasi Waktu
|
Media/
Sumber Belajar
|
13.1 Menerangkan sifat-sifat tokoh dari kutipan
novel yang dibacakan
|
Menerangkan sifat-sifat
tokoh
|
·
Menjelaskan
unsur-unsur intrinsik novel terutama sifat-sifat tokoh dengan
menggunakan kalimat yang
·
Menuliskan sifat-sifat
tokoh dari kutipan novel yang dibacakan
·
Menerangkan
sifat-sifat tokoh yang telah ditulis dari
kutipan novel yang dibacakan dengan memperhatikan keefektifan kalimat
·
Menerangkan
sifat-sifat tokoh yang telah ditulis dari
kutipan novel yang dibacakan dengan intonasi intonasi yang tepat
·
Menerangkan
sifat-sifat tokoh yang telah ditulis dari
kutipan novel yang dibacakan dengan pelafalan yang tepat
|
·
Siswa mmendengarkan
penjelasan tentang unsur-unsur pembangun novel
·
Siswa membagi
dalam beberapa kelompok, setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat nomor dengan tertib
·
Siswa menyimak kutipan novel yang
dibacakan lalu menganalisis sifat-sifat tokohnya
·
Siswa yang nomornya
disebut oleh guru menerangkan sifat-sifat tokoh dari kutipan novel yang
dibacakan
|
Jenis tagihan :
d.
Tugas individu
e.
Tugas kelompok
f.
Laporan
Bentuk
instrumen :
b.
Test uraian
Contoh instrumen :
·
Jelaskan sifat-sifat tokoh dalam novel.
·
Tuliskan sifat-sifat tokoh dari novel yang dibacakan.
·
Terangkan secara lisan sifat-sifat tokoh dari novel yang dibacakan.
|
2 Jp
|
Buku paket, kutipan novel.
|
13.2 Menjelaskan alur peristiwa dari suatu
sinopsis
novel
|
Menjelaskan alur
|
·
Menjelaskan
unsur-unsur intrinsik novel terutama alur peristiwa dengan menggunakan
kalimat yang
·
Menuliskan alur
peristiwa dari sinopsis novel yang dibacakan
·
Menerangkan alur
peristiwa dari sinopsis
novel yang dibacakan dengan memperhatikan keefektifan kalimat
·
Menerangkan alur
peristiwa dari sinopsis
novel yang dibacakan dengan memperhatikan intonasi
·
Menerangkan alur
peristiwa dari sinopsis
novel yang dibacakan dengan memperhatikan pelafalan
|
·
Siswa mendengarkan
penjelasan tentang unsur-unsur pembangun novel dengan seksama
·
Siswa dibagi dalam
beberapa kelompok, setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat nomor dengan tertib
·
Siswa menyimak sinopsis
novel yang dibacakan lalu menganalisis alur peristiwanya
·
Siswa yang nomornya
disebut oleh guru menerangkan alur peristiwa dari kutipan novel yang
dibacakan.
|
Jenis tagihan :
a.
Tugas individu
b.
Tugas kelompok
c.
Laporan
Bentuk
instrumen :
a.
Test uraian
Contoh instrumen :
·
Jelaskan alur peristiwa dalam novel.
·
Tuliskan alur peristiwa dari novel yang dibacakan.
·
Terangkan secara lisan alur peristiwa dari novel yang dibacakan.
|
2 Jp
|
Buku paket, sinopsis novel.
|
SILABUS
Nama
sekolah : SMP
Mata
pelajaran : Bahasa dan Sastra
Indonesia
Kelas : IX
Semester : 2
Standar kompetensi :
Berbicara
14. Mengungkapkan
tanggapan terhadap pementasan drama
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Indikator
|
Pengalaman Belajar
|
Penialain
|
Alokasi Waktu
|
Media/
Sumber Belajar
|
14.1 Membahas pementasan drama yang
ditulis siswa
|
Membahas pementasan drama
|
·
Menjelaskan unsur
intrinsik dan ekstrinsik drama dengan menggunakan
·
Menuliskan analisis unsur intrinsik dan
unsur ekstrinsik dari drama yang dipentaskan secara berkelompok
·
Mengungkapkan hasil
analisis pementasan drama dengan intonasi yang tepat
·
Mengungkapkan hasil
analisis pementasan drama dengan pelafalan yang tepat
·
Mengungkapkan hasil
analisis pementasan drama dengan volume suara yang sesuai
·
Mengungkapkan hasil
analisis pementasan drama dengan menggunakan kalimat yang efektif
|
·
Siswa membentuk
kelompok yang anggotanya 2-3 orang dengan tertib
·
Siswa melakukan
pementasan drama sesuai naskah yang ditulisnya.
·
Setiap kelompok
mendiskusikan pementasan drama yang dipentaskan kelompok lain dengan bekerjasama.
·
Setiap kelompok
membacakan hasil diskusinya.
|
Jenis tagihan :
a.
Tugas individu
b.
Tugas kelompok
c.
Laporan
Bentuk
instrumen :
a.
Test uraian
Contoh instrumen :
·
Jelaskan unsur intrinsik dan ektrinsik drama.
·
Tuliskanlah analisis unsur-unsur pembangun drama yang dipentaskan.
·
Terangkan secara lisan analisis drama yang telah ditulis.
|
4 Jp
|
Buku paket.
|
14.2 Menilai pementasan drama yang
dilakukan oleh siswa
|
Menilai pementasan drama
|
·
Menjelaskan kriteria
pementasan drama dengan kalimat yang efektif
·
Menuliskan penilaian
terhadap pementasan drama yang dilakukkan oleh kelompok lain secara
berkelompok
·
Mengungkapkan hasil
penilaian kelompok terhadap pementasan drama kelompok lain dengan menggunakan
kalimat yang efektif
·
Mengungkapkan hasil
penilaian kelompok terhadap pementasan drama kelompok lain dengan menggunakan
intonasi yang tepat
·
Mengungkapkan hasil
penilaian kelompok terhadap pementasan drama kelompok lain dengan menggunakan
pelafalan yang
tepat
·
Mengungkapkan hasil
penilaian kelompok terhadap pementasan drama kelompok lain dengan menggunakan
volume suara yang sesuai
|
·
Siswa membentuk
kelompok yang anggotanya 2-3 orang dengan tertib dan bijaksana
·
Siswa melakukan
pementasan drama dengan serius
·
Setiap kelompok
berdiskusi menilai pementasan drama yang dipentaskan oleh kelompok lain
·
setiap kelompok
membacakan hasil diskusi penilaiannya.
|
Jenis tagihan :
a.
Tugas individu
b.
Tugas kelompok
c.
Laporan
Bentuk
instrumen :
a.
Test uraian
Contoh instrumen :
·
Jelaskan criteria pementasan drama.
·
Tuliskanlah penilaian terhadap kelompok
yang mementaskan drama.
·
Ungkapkan lah hasil penilaian terhadap kelompok yang pentas .
|
4 Jp
|
Buku paket
|
SILABUS
Nama
sekolah : SMP
Mata
pelajaran : Bahasa dan Sastra
Indonesia
Kelas : IX
Semester : 2
Standar
kompetensi : Membaca
15.
Memahami novel dari berbagai angkatan
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Indikator
|
Pengalaman Belajar
|
Penialain
|
Alokasi Waktu
|
Media/
Sumber Belajar
|
15.1 Mengidentifikasi kebiasaan, adat,
etika yang terdapat dalam buku novel angkatan 20-30an
|
Mengidentifikasi novel angkatan
20-30an
|
·
Menjelaskan tentang
periodisasi novel dengan menggunakan kalimat yang efektif
·
Menulis identifikasi
kebiasaan,
adat dan etika pada buku novel angkatan 20-30an
·
Menulis laporan
hasil identifikasi kebiasaan, adat, dan etika pada
novel angkatan 20-30an dengan memperhatikan keefektifan kalimat
·
Menulis laporan
hasil identifikasi kebiasaan adat dan etika pada novel angkatan 20-30an
dengan memperhatikan tanda baca
·
Menulis laporan
hasil identifikasi kebiasaan adat dan etika pada novel angkatan 20-30an
dengan memperhatikan huruf kapital
|
·
Siswa mendengar
penjelasan guru tentang periodisasi, kebiasaan, adat, dan etika dalam novel dengan tenang
·
Siswa mendengarkan
penjelasan guru tentang tugas yang akan diberikan dengan penuh perhatian
·
Siswa berpasangan
dengan teman satu bangku
·
Siswa bersama
temannya membaca beberapa novel angkatan 20-30an
·
Siswa
mengidentifikasi kebiasaan, adat, etika dari beberapa sinopsis novel yang
telah dibaca
·
Setiap pasangan
melaporkan hasil identifikasi novel angkatan 20-30an.
|
Jenis tagihan :
a.
Tugas individu
b.
Tugas kelompok
c.
Laporan
Bentuk
instrumen :
a.
Test uraian
Contoh instrumen :
·
Jelaskan periodisasi novel.
·
Tuliskan identifiasi kebiasaan, adat, dan etika novel angkatan 20-30an.
·
Buatlah laporan tertulis hasil identifikasi kebiasaan, adat, etika
pada novel 20-30an.
|
4 Jp
|
Buku paket, novel angkatan 20-30an.
|
15.2 Membandingkan karakteristik
novel angkatan 20-30an
|
Perbandingan karakteristik novel
angkatan 20-30an
|
·
Menjelaskan
karakteristik novel angkatan 20-30an dengan menggunakan kalimat yang efektif
·
Menulis perbandingan
karakteristik novel angkatan 20-30an
·
Mengungkapkan hasil
perbandingan karakteristik novel angkatan 20-30an dengan menggunakan kalimat
yang efektif
·
Mengungkapkan hasil
perbandingan karakteristik novel angkatan 20-30an dengan intonasi yang tepat
·
Mengungkapkan hasil
perbandingan karakteristik novel angkatan 20-30an dengan pelafalan yang tepat
·
Mengungkapkan hasil
perbandingan karakteristik novel angkatan 20-30an dengan volume suara yang
sesuai
|
·
Siswa mendengarkan
penjelasan guru tentang karakteristik novel angkatan 20-30an dengan penuh konsentrasi
·
Siswa saling
berpasangan dan mendapatkan tugas untuk membandingkan karakteristik novel
angkatan 20-30an dengan pasangan secara tertib
·
Setelah selesai setiap
pasangan bergabung dengan pasangan lain, kemudian pasangan yang baru ini
saling menanyakan mencari kepastian jawaban mereka
·
Temuan baru tentang
perbandingan karakteristik novel angkatan 20-30an yang didapat dari
pertukaran pasangan kemudian dibagikan pada pasangan semula
|
Jenis tagihan :
a.
Tugas individu
b.
Tugas kelompok
c.
Laporan
Bentuk
instrumen :
a.
Test uraian
Contoh instrumen :
·
Jelaskan karakteristik novel angkatan 20-30an.
·
Tuliskan hasil perbandingan karakteristiknovel angkatan 20-30an.
·
Ungkapkan secara lisan
perbandingan karakteristik novel angkatan 20-30an.
|
4 Jp
|
Buku paket, novel angkatan 20-30an.
|
SILABUS
Nama
sekolah : SMP
Mata
pelajaran : Bahasa dan Sastra
Indonesia
Kelas : IX
Semester : 2
Standar
kompetensi : Menulis
16. Menulis naskah drama
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Indikator
|
Pengalaman Belajar
|
Penialain
|
Alokasi Waktu
|
Media/
Sumber Belajar
|
16.1 Menulis naskah drama berdasarkan
cerpen yang sudah dibaca
|
Menuliskan naskah drama
berdasarkan cerpen
|
·
Menjelaskan
unsur-unsur pembangun naskah drama
·
Menjelaskan teknik
penyajian dialog
·
Menulis kerangka
naskah drama berdasarkan unsur-unsur pembangun cerpen yang akan dijadikan
sebuah naskah drama
·
Menulis naskah drama
berdasarkan cerpen yang perrnah dibaca dengan memperhatikan keefektifan
kalimat
·
Menulis naskah drama
berdasarkan cerpen yang perrnah dibaca dengan memperhatikan penggunan tanda
baca
·
Menulis naskah drama
berdasarkan cerpen yang perrnah dibaca dengan memperhatikan penggunaan huruf
kapital
·
Menulis naskah drama
berdasarkan cerpen yang perrnah dibaca dengan memperhatikan cara pengutipan
|
·
Siswa mendengarkan
penjelasan guru tentang tata cara menulis naskah drama sambil melihat
contohnya dengan
serius dan cermat
·
Siswa berpasangan
dan membaca sebuah cerpen dengan tenang
·
Siswa menuliskan
alur dari cerpen yang dibaca sebagai kerangka untuk membuat naskah drama
·
Siswa secara
berpasangan menulis naskah drama berdasarkan cerpen yang telah dibaca
|
Jenis tagihan :
a.
Tugas individu
b.
Tugas kelompok
Bentuk
instrumen :
a.
Test uraian
Contoh instrumen :
·
Jelaskan unsur-unsur pembangun naskah drama.
·
Tulislah kerangka naskah drama
berdasarkan unsur-unsur pembangun cerpen yang akan dijadikan sebuah naskah
drama.
·
Tulislah sebuah naskah drama berdasarkan kerangka yang telah disusun.
|
4 Jp
|
Buku paket, naskah drama.
|
16.2 Menulis naskah drama berdasarkan
peristiwa nyata
|
Menulis naskah drama dari kehidupan nyata
|
·
Menuliskan peristiwa
nyata dengan kalimat yang runtut
·
Menuliskan peristiwa
nyata dengan kalimat yang efektif
·
Menuliskan kerangka
alur peristiwa naskah drama dari kisah yang dipilih
·
Menulis naskah drama
berdasarkan kerangka yang telah dibuat dengan memperhatikan keefektifan
kalimat
·
Menulis naskah drama berdasarkan kerangka
yang telah dibuat dengan memperhatikan keruntutan
·
Menulis naskah drama berdasarkan kerangka
yang telah dibuat dengan memperhatikan teknik penyajian dialog
|
·
Siswa berpasangan
dan saling berdiskusi tentang peristiwa nyata yang akan diangkat menjadi
naskah drama dengan tenang dan tertib
·
Siswa menyusun alur
peristiwa dari kisah nyata yang dipilih
·
Siswa berpasangan
mengembangkan alur yang telah dibuat kemudian mendiskusikannya menjadi sebuah
naskah drama dengan sungguh-sungguh.
|
Jenis tagihan :
a.
Tugas individu
b.
Tugas kelompok
Bentuk
instrumen :
a.
Test uraian
Contoh instrumen :
·
Tulislah sebuah uraian peristiwa.
·
Buatlah kerangka alur peristiwa naskah drama berdasarkan kisah yang
dipilih.
·
Tulislah sebuah naskah drama dari kisah nyata berdasarkan kerangka
yang telah dibuat.
|
4 Jp
|
Buku paket, naskah drama.
|