Unknown


Dibawah Lindungan Ka’bah
(Hamka)
Hamid seorang anak yatim dan miskin, dia kemudian diangkat oleh keluarga Haji Ja’far yang kaya raya. Haji Ja’far, istrinya sangat baik kepada Hamid. Hamid dianggap sebagai anak mereka sendiri. Hamid disekolahkan bersama dengan anak kandung mereka yaitu Zaenab.
Hamid sangat menyayangi Zaenab, begitu pula dengan Zaenab. Mereka sering pergi ke sekolah bersama-sama, main bersama-sama. Hingga pada usia remaja mereka selalu bersama, dan mulai tumbuh rasa cinta di hati mereka.
Setelah selesai sekolah, Hamid melanjutkan  sekolah ke Padang Panjang. Sementara itu, Zaenab langsung dipingit oleh orang tuanya. Selama di Padan Panjang Hamid sangat merindukan Zaenab, dia sadar bahwa dia mencintai Zaenab. Namun cinta itu terhalang oleh jurang pemisah kaya dan miskin.
Hamid mengalami peristiwa bersamaan yang menyayat hatinya. Peristiwa yang pertama yaitu meninggalnya Haji Ja’far. Dan peristiwa yang kedua adalah meninggalnya ibu Hamid. Dengan meningalnya Haji Ja’far Hamid tidak leluasa lagi menemui Zaenab.
Ibu Zaenab akan menjodohkan Zaenab dengan pemuda lain, bahkan ibu Zaenab memaksa Zaenab untuk menyetujui  perjodohan itu. Betapa hancurnya hati Hamid, dia memutuskan untuk meninggalkan kampungnya pergi ke Medan. Di Medan dia menulis surat untuk Zaenab. Kemudian Hamid melanjutkan perjalanannya ke Singapura lalu ke Mekah. Selama ditinggal oleh Hamid, Zaenab bekerja disebuah penginapan milik seorang Syekh dan lebih memperdalam ilmu agamanya.
Di Mekkah Hamid bertemu dengan Saleh teman sekampungnya, Saleh banyak bercerita tentang kampungnya dan Zaenab. Saleh bercerita bahwa Zaenab juga mencintai Hamid, oleh karena itu Zaenab tidak menerima perjodohan yang dibuat mamaknya.
Hamid ingin pulang ke kampungnya karena rindu kepada Zaenab, namun dia ingin menyelesaikan ibadah hajinya. Sepulang wukuf kondisi Hamid jadi melemah.Saleh mengabarkan bahwa Zaenab meninggal dunia, mendengar berita itu Hamid merasa terpukul. Hanya keimanan yang dapat membuat dia bertahan hidup. Keesokan harinya Hamid tetap menunaikan ibadah hajinya, kondisi Hamid melemah dan akhirnya meninggal dunia.

Unknown


Di kota Seporok hidup seorang bangsawan kaya raya yang memiliki seorang anak laki-laki dan seorang perempuan. Anaknya yang laki-laki bernama Sutan Baringin. Dia sangat dimanja oleh ibunya, akibatnya setelah dewasa Baringin tumbuh menjadi seorang pemuda yang angkuh, berperangai jelek dan suka berfoya-foya.
Oleh kedua orang tuanya, Baringin dinikahkan dengan Nuria seorang perempuan baik-baik pada ibunya. Walaupun telah berkeluarga dia masih tetap suka berfoya-foya menghabiskan harta kedua orang tuanya. Sewaktu ayahnya meningal dunia, sikap Baringin semakin menjadi-jadi, dia suka berfoya-foya menghabiskan harta warisan orang tuanya. Akhirnya dia bangkrut dan banyak utang.
Perkawinannya dengan Nuria membuahkan dua orang anak, yang perempuan bernama Mariamin. Akibat tingkah laku ayahnya, Mariamin selalu dihina oleh warga kampungnya. Mariamin jatuh cinta kepada Aminudin anak seorang Baginda Diatas, seorang yang kaya raya dan disegani di daerah Siporok. Namun cinta mereka terhalang oleh kemiskinan orang tua Mariamin. Sebenarnya Baginda Diatas mempunyai hubungan sepupu dengan Sutan Baringin, ayah Mariamin dan ayah Baginda keduanya adalah kakak beradik.
Sejak kecil Aminudin bersahabt dengan Mariamin, setelah keduanya beranjak dewasa, mereka saling jatuh hati. Aminudin sangat mencintai Mariamin. Dia berjanji untuk melamar Mariamin bila dia telah mendapatkan pekerjaan , dan keadaan Mariamin yang miskin tidak menjadi halangan bagi Aminudin.
Aminudin memberitahukan niatnya untuk menikahi Mariamin kepada orang tuanya. Ibunya tidak merasa keberatan dengan niat tersebut. Namun ayahnya, Baginda Diatas tidak menyetujui niat tersebut, namun ketidak setujuannya tidak dia perlihatkan kepada anak dan istrinya. Dengan cara halus Baginda Diatas berusaha untuk menggagalkan pernikahan anaknya. Salah satu usahanya adalah mengajak istrinya untuk menemui peramal. Sebelumnya dia telah menitipkan pesan kepada peramal agar memberikan jawaban yang merugikan pihak Mariamin. Jelasnya, sang peramal memberi jawaban bahwa Aminudin htidak akan beruntung apabila menikah dengan Mariamin
Setelah mendengar jawaban dari peramal tersebut, dengan terpaksa ibu Aminudin menurut kemudian mencari jodoh yang sesuai untuk anaknya. Mereka langsung melamar perempuan yang berada.
Setelah menemukan calon yang cocok menurut pilihan mereka, oran tua Aminudin langsung melamar perempuan tersebut. Aminudin terpaksa menikahi perempuan pilihan kedua orang tuanya. Aminudin segera memberitahukan kenyataan itu kepada kekasihnya.
Mendengar berita itu, hati Mariamin sangat sedih dan menderita. Dia langsung pingsan tak sadarkan diri, tak lama kemudian dia pun jatuh sakit. Setahun setelah kejadian tersebut , Mariamin dan ibunya terpaksa menerima lamaran Kasibun, seorang Kerani di Medan. Pada waktu itu Kasibun mengaku belum beristri. Mariamin pun dibayang ke Medan.
Perlakuan kasar Kasibun terhadap Mariamin semakin menjadi setelah Aminudin mengunjungi rumah mereka. Dia sangat cemburupada Aminudin. Menurutnya penyambutan istrinya terhadap Aminudin terlalu berlebihan. Akibatnya Aminudin terus menyiksa Mariamin
Perlakuan kasar Kasibun terhadap Mariamin membuat Mariami menjadi hilang kesabaran. Dia melaporkan perbuatan suaminya kepada Kepolisian Medan. Dia meminta cerai, permintaan cerainya dikabulkan oleh pengadilan agama di Padang.
Setelah resmi bercerai dengan Kasibun, dia kembali ke kampung halamannya dengan penuh kehancuran. Hancurlah jiwa dan raganya. Kesengsaraan dan penderitaan bathin serta fisiknya terus mendera dirinya dari kecil hingga meninggal dunia.


Unknown

Nama sekolah              : SMP
Mata pelajaran             : Bahasa dan Sastra Indonesia
Kelas                           : IX
Semester                      : 2
Standar kompetensi    : Mendengarkan
9. Memahami isi pidato/khotbah/ceramah.
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Indikator
Pengalaman Belajar
Penialain
Alokasi Waktu
Media/
Sumber Belajar
9.1 Menyimpulkan pesan pidato/ceramah/khotbah yang didengar

Cara memahami isi pidato
·         Menuliskan ide pokok pidato
·         Menuliskan simpulan isi pidato dengan kalimat yang efektif
·         Menuliskan simpulan isi pidato secara runtut
·         Menuliskan simpulan isi pidato dengan informasi yang lengkap
·         Mengungakapkan simpulan isi pidato dengan intonasi yang tepat
·         Mengungakapkan simpulan isi pidato dengan pelafalan yang tepat
·         Mengungakapkan simpulan isi pidato dengan volume suara yang sesuai
·         Siswa membuat kelompok dengan tertib dan bijaksana, setiap siswa dalam kelompok mendapatkan nomor
·         Siswa menyimak pidato yang diberikan oleh guru
·         Siswa mencatat hal-hal penting dari pidato yang disampaikan oleh guru
·         Siswa mendiskusikan hal-hal penting dalam pidato lalu menyimpulkanya secara tulis
·         Siswa memaparkan simpulan dari pidato yang disimak sesuai dengan nomor yang disebutkan ooleh guru.

Jenis tagihan :
a.    Tugas individu
b.   Tugas kelompok
c.    Laporan

Bentuk instrumen :
a.    Test uraian

Contoh instrumen :
·      Tulislah ide pokok dari pidato yang didengar.
·      Buatlah simpulan dari isi pidato yang didengar.
·      Laporkanlah hasil simpulan isi pidato yang didengar secara lisan.

2 Jp
Teks pidato dari media masa.
9.2 Memberi komentar tentang isi pidato
Cara memberi komentar.
·         Menuliskan beberapa hal yang akan dikomentari dari isi pidato
·         Mengungkapkan komentar dengan menggunakan etika berkomentar
·         Mengungkapkan komentar dengan intonasi yang tepat
·         Mengungkapkan komentar dengan    pelafalan yang tepat
·         Mengungkapkan komentar dengan volume suara yang sesuai
·         Mengungkapkan komentar tentang isi pidato dengan disertai alasan yang logis
·         Mengungkapkan komentar tentang isi pidato dengan menggunakan kalimat yang efektif
·         Siswa mendengarkan materi tentang pidato yang disampaikan guru dengan sungguh-sungguh
·         Siswa berpidato untuk mewakili teman-temannya
·         Siswa yang lain menyimak pidato yang disampaikan temannya dengan tertib
·         Siswa berkomentar tentang pidato yang disampaikan temannya
·         Siswa yang lain diberi kesempatan untuk berpidato dan mendengarkan tanggapan serta pengarahan dari guru.
Jenis tagihan :
a.    Tugas individu

Bentuk instrumen :
a.    Perfomansi
b.   Test uraian

Contoh instrumen :
·      Tulislah beberapa hal yang akan anda komentari dari pidato yang ditampilkan.
·      Berilah komentar pada perfomansi pidato yang ditampilkan.

2 Jp
Buku paket, teks pidato dari media masa.




SILABUS

Nama sekolah              : SMA…
Mata pelajaran             : Bahasa dan Sastra Indonesia
Kelas                           : IX
Semester                      : 2
Standar kompetensi    : Berbicara
10. Mengungkapkan pikiran perasaan dan informasi dalam pidato dan diskusi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Indikator
Pengalaman Belajar
Penialain
Alokasi Waktu
Media/
Sumber Belajar
10.1 Berpidato dengan intonasi yang tepat dan artikulasi serta volume   suara yang jelas


Teknik berpidato
·         Menuliskan kerangka pidato dengan memperhatikan sistematika pidato
·         Menuliskan kerangka pidato dengan memperhatikan komponen pidato
·         Menuliskan kerangka pidato dengan memperhatikan penggunaan huruf kapital
·         Menuliskan kerangka pidato dengan memperhatikan tanda baca
·         Menuliskan kerangka pidato dengan memperhatikan keruntutan
·         Menuliskan kerangka pidato dengan memperhatikan keefektifan kalimat
·         Berpidato dengan intonasi yang tepat
·         Berpidato dengan pelafalan yang tepat
·         Berpidato dengan volume suara yang sesuai
·         Berpidato dengan kalimat yang efektif

·         Siswa membentuk beberapa kelompok dengan tertib
·         Setiap siswa dalam kelompok mendapatkan nomor
·         Masing-masing kelompok membuat teks pidato
·         Siswa yang nomornya disebut oleh guru, maju untuk berpidato mewakili kelompoknya dengan percaya diri
·         Siswa kelompok lain yang nomornya disebut oleh guru memberikan komentar tentang intonasi, artiikulasi, serta volume suara yang sesuai.

Jenis tagihan :
a.    Tugas kelompok

Bentuk instrumen :
a.    Test uraian
b.   perfomansi

Contoh instrumen :
·      Susunlah sebuah kerangka pidato secara berkelompok
·      Lakukanlah pidato berdasarkan kerangka yang telah disusun

2 Jp
Buku paket
10.2  Menerapkan prinsip-prinsip diskusi

Penerapan prinsip-prinsip diskusi
·         Menjelaskan prinsip-prinsip diskusi
·         Berdiskusi dengan pelafalan yang tepat
·         Berdiskusi dengan intonasi yang tepat
·         Berdiskusi dengan volume suara  yang jelas
·         Berdiskusi dengan menerapkan prinsip-prinsip serta etika berdiskusi

·         Siswa membentuk kelompok yang anggotanya 4 orang secara heterogen dengan tertib
·         Siswa mendengarkan materi tentang prinsip-prinsip diskusi dengan serius
·         Siswa menerima materi yang harus didiskusikan dengan menerapkan prinsip-prinsip diskusi
·         Siswa berdiskusi memecahkan masalah dengan menerapkan prinsip-prinsip dikusi secara sungguh-sungguh

Jenis tagihan :
b.   Tugas individu
a.    Tugas kelompok

Bentuk instrumen :
a.    Test uraian

Contoh instrumen :
·      Jelaskanlah prinsip-prinsip dalam berdiskusi.
·      Berdiskusilah dengan menerapkan prinsip-prinsip berdiskusi.

2 Jp
Buku paket, daftar permasalahan dari media masa.


















SILABUS

Nama sekolah              : SMA…
Mata pelajaran             : Bahasa dan Sastra Indonesia
Kelas                           : IX
Semester                      : 2
Standar kompetensi    : Membaca
11. Memahami rgamm wacana tulis dengan membaca ekstensif, membaca intensif, dan membaca cepat
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Indikator
Pengalaman Belajar
Penialain
Alokasi Waktu
Media/
Sumber Belajar
11.1  Menemukan gagasan dari beberapa artikel dan buku melalui kegiatan membaca ekstensif


Menentukan gagasan artikel
·         Menjelaskan teknik membaca ekstensif dengan kalimat yang efektif
·         Menuliskan gagasan dari beberapa artikel melalui kegiatan membaca ekstensif
·         Mengungkapkan gagasan dari beberapa artikel dengan menggunakan kalimat yang efektif
·         Mengungkapkan gagasan dari beberapa artikel dengan intonasi yang tepat
·         Mengungkapkan gagasan dari beberapa artikel dengan pelafalan yang tepat
·         Mengungkapkan gagasan dari beberapa artikel dengan volume suara yang sesuai
·         Siswa membaca artikel melalui kegiatan membaca ekstensif dengan sunggup-sungguh.
·         Siswa mencatat pokok pikiran dari artikel yang dibaca.
·         Siswa berpasangan dengan teman sebelahnya dan mengutarakan isi pemikiran masing-masing dengan tertib.
·         Salah seorang siswa dari pasangan tersebut menyampaikan gagasan pokok dari artikel yang dibaca

Jenis tagihan :
a.    Tugas individu
b.   Tugas kelompok
c.    Laporan

Bentuk instrumen :
a.    Test uraian

Contoh instrumen :
·      Jelaskanlah teknik membaca ekstensif.
·      Tulislah gagasan dari beberapa artikel melalui kegiatan membaca ekstensif.
·      Ungkapkan secara lisan gagasan dari beberapa artikel yang telah dibaca

2 Jp
Artikel dari media masa.
11.2  Mengubah sajian grafik, tabel, atau bagan menjadi uraian melalui kegiata membaca intensif

cara mengubah grafik, menjadi uraian

·         Menjelaskan teknik membaca intensif dengan kalimat yang efektif
·         Menuliskan sajian grafik menjadi uraian dengan menggunakan kalimat yang efektif
·         Menuliskan sajian grafik menjadi uraian dengan memperhatikan penggunaan huruf kapital
·         Menuliskan sajian grafik menjadi uraian dengan tanda baca
·         Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang membaca intensif dengan serius
·         Siswa melihat gambar grafik dan membacanya dengan menggunakan teknik membaca intensif
·         Siswa mengubah sajian grafik tersebut menjadi sebuah uraian dengan memperhatikan keefektifan kalimat, penggunaan huruf kapital dan tanda baca dengan teliti.
Jenis tagihan :
a.    Tugas individu

Bentuk instrumen :
a.    Test uraian

Contoh instrumen :
·      Jelaskanlah teknik membaca intensif dengan menggunakan kalimat yang efektif.
·      Ubahlah sajian grafik yang telah and abaca menjadi sebuah uraian
2 Jp
Buku paket, sajian grafik.
































11.3  Menyimpulkan gagasan utama suatu teks dengan membaca cepat ±200 kata per menit

Penyimpulan isi gagasan
·         Menjelaskan tentang teknik membaca cepat ±200 kata per menit
·         Membaca suatu teks dengan teknik membaca cepat ±200 kata per menit
·         Menuliskan gagasan utama suatu teks dengan menggunakan kalimat yang efektif
·         Mengungkapkan gagasan utama yang telah ditulis dengan menggunakan kalimat yang efektif
·         Mengungkapkan gagasan utama yang telah ditulis dengan intonasi yang tepat
·         Mengungkapkan gagasan utama yang telah ditulis dengan pelafalan yang tepat
·         Mengungkapkan gagasan utama yang telah ditulis dengan volume suara yang sesuai
·         Siswa mendengarkan penjelasan tentang membaca cepat ±200  kata per menit
·         Siswa membentuk beberapa kelompok, setiap siswa dalam kelompok mendapat nomor secara tertib
·         Siswa mendapatkan teks dari guru lalu membacanya dengan teknik membaca cepat 200 kata per menit
·         Siswa mencatat gagasan utama dan mendiskusikannya dalam kelompok dengan sungguh-sungguh
·         Siswa yang nomornya dipangil oleh guru menjelaskan gagasan utama yang berupa simpulan dari teks yang sudah dibaca.
Jenis tagihan :
a.    Tugas individu
b.   Tugas kelompok
c.    Laporan

Bentuk instrumen :
a.    Test uraian

Contoh instrumen :
·      Jelaskanlah teknik membaca intensif.
·      Tulislah gagasan utama suatu teks melalui kegiatan membaca ekstensif.
·      Ungkapkan gagasan utama teks yang telah dibaca

2Jp
Teks non sastra dari media masa.
SILABUS

Nama sekolah              : SMP
Mata pelajaran             : Bahasa dan Sastra Indonesia
Kelas                           : IX
Semester                      : 2
Standar kompetensi    : Menulis
12.  Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk karya ilmiah sederhana, teks pidato, dan surat pembaca
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Indikator
Pengalaman Belajar
Penialain
Alokasi Waktu
Media/
Sumber Belajar
12.1  Menulis karya ilmiah sederhana dengan menggunakan berbagai sumber

Menulis karya ilmiah
·         Menjelaskan jenis-jenis karya ilmiah dengan menggunakan kalimat yang efektif
·         Menulis karya ilmiah sederhana dari berbagai sumber dengan menggunakan sistematika yang tepat
·         Menulis  karya ilmiah sederhana dengan memperhatikan penggunaan huruf kapital
·         Menulis  karya ilmiah sederhana dengan memperhatikan tanda baca yang tepat
·         Menulis  karya ilmiah sederhana dengan menggunakan kalimat yang efektif
·         Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang pengertian, jenis-jenis dan sistematika penulisan karya ilmiah dengan seksama
·         Siswa berpasangan dengan teman sebelahnya
·         Setiap pasangan bertugas untuk membuat karya ilmiah sederhana dengan menggunakan berbagai sumber secara tertib
Jenis tagihan :
a.    Tugas individu
b.   Tugas kelompok

Bentuk instrumen :
a.    Test uraian

Contoh instrumen :
·      Jelaskan jenis-jenis karya ilmiah dengan menggunakan kalimat yang efektif.
·      Buatlah sebuah karangan ilmiah sederhana secara berpasangan.

4 Jp
Buku paket.
12.2 Menulis teks pidato/ceramah/ khotbah dengan sistematika dan bahasa yang efektif

cara menulis teks pidato
·         Menjelaskan komponen dan sistematika penulisan teks pidato dengan menggunakan kalimat yang efektif
·         Menulis kerangka teks pidato dengan memperhatikan komponen-komponennya
·         Menulis teks pidato sesuai kerangka yang dibuat dengan memperhatikan sistematika pidato
·         Menulis teks pidato sesuai kerangka yang dibuat dengan memperhatikan keefektifan kalimat
·         Menulis teks pidato sesuai kerangka yang dibuat dengan memperhatikan penggunaan tanda baca
·         Menulis teks pidato sesuai kerangka yang dibuat dengan memperhatikan huruf kapital
·         Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang komponen dan sistematika pidato dengan sungguh-sungguh
·         Siswa berpasangan dengan teman sebelahnya
·         Setiap pasangan bertugas untuk membuat teks pidato
·         Siswa menulis teks pidato dengan sistematika dan bahasa yang efektif
Jenis tagihan :
a.    Tugas individu
b.   Tugas kelompok

Bentuk instrumen :
a.    Test uraian
Contoh instrumen :
·      Jelaskan komponen dan sistematika pidato.
·       Buatlah kerangka teks pidato dengan memperhatikan komponen-komponennya.
·      Buatlah teks pidato berdasarkan kerangka yang telah dibuat.

2 Jp
Buku paket, teks pidato dari media masa.
12.3   Menulis surat pembaca tentang lingkungan sekolah

Cara menulis surat pembaca
·         Menjelaskan pengertian, komponen surat pembaca dengan kalimat yang efektif
·         Menulis kerangka teks surat pembaca dengan memperhatikan komponen-komponennya
·         Menulis surat pembaca dengan memperhatikan sistematika surat pembaca
·         Menulis surat pembaca dengan memperhatikan keefektifan kalimat
·         Menulis surat pembaca dengan memperhatikan penggunaan tanda baca
·         Menulis surat pembaca dengan memperhatikan huruf kapital
·         Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang komponen dann sistematika penulisan surat pembaca dengan cermat
·         Siswa berpasangan dengan teman sebelahnya
·         Setiap pasangan bertugas untuk membuat surat pembaca dengan bekerjasama
·         Siswa menulis surat pembaca tentang lingkungan sekolah dengan memperhatikan sistematika dan bahasa yang efektif
Jenis tagihan :
a.    Tugas individu
b.   Tugas kelompok

Bentuk instrumen
a. Test uraian

Contoh instrumen
·      Jelaskan komponen surat pembaca.
·       Buatlah kerangka teks surat pembaca dengan memperhatikan komponen-komponennya.
·      Buatlah surat pembaca berdasarkan kerangka yang telah dibuat.

2Jp
Buku paket, surat pembaca dari media masa.

SILABUS

Nama sekolah              : SMP
Mata pelajaran             : Bahasa dan Sastra Indonesia
Kelas                           : IX
Semester                      : 2
Standar kompetensi    : Mendengarkan
13.  Memahami wacana sastra melalui kegiatan mendengarkan pembacaan kutipan atau sinopsis
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Indikator
Pengalaman Belajar
Penialain
Alokasi Waktu
Media/
Sumber Belajar
13.1  Menerangkan sifat-sifat tokoh dari kutipan novel yang dibacakan

Menerangkan sifat-sifat tokoh
·         Menjelaskan unsur-unsur intrinsik novel terutama sifat-sifat tokoh dengan menggunakan kalimat yang
·         Menuliskan sifat-sifat tokoh dari kutipan novel yang dibacakan
·         Menerangkan sifat-sifat tokoh  yang telah ditulis dari kutipan novel yang dibacakan dengan memperhatikan keefektifan kalimat
·         Menerangkan sifat-sifat tokoh  yang telah ditulis dari kutipan novel yang dibacakan dengan intonasi intonasi yang tepat
·         Menerangkan sifat-sifat tokoh  yang telah ditulis dari kutipan novel yang dibacakan dengan pelafalan yang tepat
·         Siswa mmendengarkan penjelasan tentang unsur-unsur pembangun novel
·         Siswa membagi dalam beberapa kelompok, setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat nomor dengan tertib
·         Siswa menyimak kutipan novel yang dibacakan lalu menganalisis sifat-sifat tokohnya
·         Siswa yang nomornya disebut oleh guru menerangkan sifat-sifat tokoh dari kutipan novel yang dibacakan
Jenis tagihan :
d.   Tugas individu
e.    Tugas kelompok
f.    Laporan

Bentuk instrumen :
b.   Test uraian

Contoh instrumen :
·      Jelaskan sifat-sifat tokoh dalam novel.
·      Tuliskan sifat-sifat tokoh dari novel yang dibacakan.
·      Terangkan secara lisan sifat-sifat tokoh dari novel yang dibacakan.

2 Jp
Buku paket, kutipan novel.
13.2 Menjelaskan alur peristiwa dari suatu sinopsis novel

Menjelaskan alur
·         Menjelaskan unsur-unsur intrinsik novel terutama alur peristiwa dengan menggunakan kalimat yang
·         Menuliskan alur peristiwa dari sinopsis novel yang dibacakan
·         Menerangkan alur peristiwa  dari sinopsis novel yang dibacakan dengan memperhatikan keefektifan kalimat
·         Menerangkan alur peristiwa  dari sinopsis novel yang dibacakan dengan memperhatikan intonasi
·         Menerangkan alur peristiwa  dari sinopsis novel yang dibacakan dengan memperhatikan pelafalan
·         Siswa mendengarkan penjelasan tentang unsur-unsur pembangun novel dengan seksama
·         Siswa dibagi dalam beberapa kelompok, setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat nomor dengan tertib
·         Siswa menyimak sinopsis novel yang dibacakan lalu menganalisis alur peristiwanya
·         Siswa yang nomornya disebut oleh guru menerangkan alur peristiwa dari kutipan novel yang dibacakan.
Jenis tagihan :
a.    Tugas individu
b.   Tugas kelompok
c.    Laporan


Bentuk instrumen :
a.    Test uraian

Contoh instrumen :
·      Jelaskan alur peristiwa dalam novel.
·      Tuliskan alur peristiwa dari novel yang dibacakan.
·      Terangkan secara lisan alur peristiwa dari novel yang dibacakan.
2 Jp
Buku paket, sinopsis novel.

  
SILABUS

Nama sekolah              : SMP
Mata pelajaran             : Bahasa dan Sastra Indonesia
Kelas                           : IX
Semester                      : 2
Standar kompetensi    : Berbicara
14.  Mengungkapkan tanggapan terhadap pementasan drama
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Indikator
Pengalaman Belajar
Penialain
Alokasi Waktu
Media/
Sumber Belajar
14.1 Membahas pementasan drama yang ditulis siswa


Membahas pementasan drama

·         Menjelaskan unsur intrinsik dan ekstrinsik drama dengan menggunakan
·          Menuliskan analisis unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik dari drama yang dipentaskan secara berkelompok
·         Mengungkapkan hasil analisis pementasan drama dengan intonasi yang tepat
·         Mengungkapkan hasil analisis pementasan drama dengan pelafalan  yang tepat
·         Mengungkapkan hasil analisis pementasan drama dengan volume suara yang sesuai
·         Mengungkapkan hasil analisis pementasan drama dengan menggunakan kalimat yang efektif

·         Siswa membentuk kelompok yang anggotanya 2-3 orang dengan tertib
·         Siswa melakukan pementasan drama sesuai naskah yang ditulisnya.
·         Setiap kelompok mendiskusikan pementasan drama yang dipentaskan kelompok lain dengan bekerjasama.
·         Setiap kelompok membacakan hasil diskusinya.

Jenis tagihan :
a.    Tugas individu
b.   Tugas kelompok
c.    Laporan

Bentuk instrumen :
a.    Test uraian

Contoh instrumen :
·      Jelaskan unsur intrinsik dan ektrinsik drama.
·      Tuliskanlah analisis unsur-unsur pembangun drama yang dipentaskan.
·      Terangkan secara lisan analisis drama yang telah ditulis.

4 Jp
Buku paket.
14.2 Menilai pementasan drama yang dilakukan oleh siswa

Menilai pementasan drama
·         Menjelaskan kriteria pementasan drama dengan kalimat yang efektif
·         Menuliskan penilaian terhadap pementasan drama yang dilakukkan oleh kelompok lain secara berkelompok
·         Mengungkapkan hasil penilaian kelompok terhadap pementasan drama kelompok lain dengan menggunakan kalimat yang efektif
·         Mengungkapkan hasil penilaian kelompok terhadap pementasan drama kelompok lain dengan menggunakan intonasi yang tepat
·         Mengungkapkan hasil penilaian kelompok terhadap pementasan drama kelompok lain dengan menggunakan pelafalan yang tepat
·         Mengungkapkan hasil penilaian kelompok terhadap pementasan drama kelompok lain dengan menggunakan volume suara yang sesuai

·      Siswa membentuk kelompok yang anggotanya 2-3 orang dengan tertib dan bijaksana
·      Siswa melakukan pementasan drama dengan serius
·      Setiap kelompok berdiskusi menilai pementasan drama yang dipentaskan oleh kelompok lain
·      setiap kelompok membacakan hasil diskusi penilaiannya.

Jenis tagihan :
a.    Tugas individu
b.   Tugas kelompok
c.    Laporan


Bentuk instrumen :
a.    Test uraian

Contoh instrumen :
·      Jelaskan criteria pementasan drama.
·      Tuliskanlah penilaian terhadap  kelompok yang mementaskan drama.
·      Ungkapkan lah hasil penilaian terhadap kelompok yang pentas .
4 Jp
Buku paket

  
SILABUS

Nama sekolah              : SMP
Mata pelajaran             : Bahasa dan Sastra Indonesia
Kelas                           : IX
Semester                      : 2
Standar kompetensi    : Membaca
15. Memahami novel dari berbagai angkatan
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Indikator
Pengalaman Belajar
Penialain
Alokasi Waktu
Media/
Sumber Belajar
15.1 Mengidentifikasi kebiasaan, adat, etika yang terdapat dalam buku novel angkatan 20-30an


Mengidentifikasi novel angkatan 20-30an
·         Menjelaskan tentang periodisasi novel dengan menggunakan kalimat yang efektif
·         Menulis identifikasi kebiasaan, adat dan etika pada buku novel angkatan 20-30an
·         Menulis laporan hasil identifikasi kebiasaan, adat, dan etika pada novel angkatan 20-30an dengan memperhatikan keefektifan kalimat
·         Menulis laporan hasil identifikasi kebiasaan adat dan etika pada novel angkatan 20-30an dengan memperhatikan tanda baca
·         Menulis laporan hasil identifikasi kebiasaan adat dan etika pada novel angkatan 20-30an dengan memperhatikan huruf kapital
·         Siswa mendengar penjelasan guru tentang periodisasi, kebiasaan, adat, dan etika dalam novel dengan tenang
·         Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang tugas yang akan diberikan dengan penuh perhatian
·         Siswa berpasangan dengan teman satu bangku
·         Siswa bersama temannya membaca beberapa novel angkatan 20-30an
·         Siswa mengidentifikasi kebiasaan, adat, etika dari beberapa sinopsis novel yang telah dibaca
·         Setiap pasangan melaporkan hasil identifikasi novel angkatan 20-30an.

Jenis tagihan :
a.    Tugas individu
b.   Tugas kelompok
c.    Laporan

Bentuk instrumen :
a.    Test uraian

Contoh instrumen :
·      Jelaskan periodisasi novel.
·      Tuliskan identifiasi kebiasaan, adat, dan etika novel angkatan 20-30an.
·      Buatlah laporan tertulis hasil identifikasi kebiasaan, adat, etika pada novel 20-30an.

4 Jp
Buku paket, novel angkatan 20-30an.
15.2 Membandingkan karakteristik novel angkatan 20-30an

Perbandingan karakteristik novel angkatan 20-30an

·         Menjelaskan karakteristik novel angkatan 20-30an dengan menggunakan kalimat yang efektif
·         Menulis perbandingan karakteristik novel angkatan 20-30an
·         Mengungkapkan hasil perbandingan karakteristik novel angkatan 20-30an dengan menggunakan kalimat yang efektif
·         Mengungkapkan hasil perbandingan karakteristik novel angkatan 20-30an dengan intonasi yang tepat
·         Mengungkapkan hasil perbandingan karakteristik novel angkatan 20-30an dengan pelafalan yang tepat
·         Mengungkapkan hasil perbandingan karakteristik novel angkatan 20-30an dengan volume suara yang sesuai
·         Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang karakteristik novel angkatan 20-30an dengan penuh konsentrasi
·         Siswa saling berpasangan dan mendapatkan tugas untuk membandingkan karakteristik novel angkatan 20-30an dengan pasangan secara tertib
·         Setelah selesai setiap pasangan bergabung dengan pasangan lain, kemudian pasangan yang baru ini saling menanyakan mencari kepastian jawaban mereka
·         Temuan baru tentang perbandingan karakteristik novel angkatan 20-30an yang didapat dari pertukaran pasangan kemudian dibagikan pada pasangan semula

Jenis tagihan :
a.    Tugas individu
b.   Tugas kelompok
c.    Laporan

Bentuk instrumen :
a.    Test uraian

Contoh instrumen :
·      Jelaskan karakteristik novel angkatan 20-30an.
·      Tuliskan hasil perbandingan karakteristiknovel angkatan 20-30an.
·      Ungkapkan  secara lisan perbandingan karakteristik novel angkatan 20-30an.
4 Jp
Buku paket, novel angkatan 20-30an.


  
SILABUS

Nama sekolah              : SMP
Mata pelajaran             : Bahasa dan Sastra Indonesia
Kelas                           : IX
Semester                      : 2
Standar kompetensi    : Menulis
16. Menulis naskah drama
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Indikator
Pengalaman Belajar
Penialain
Alokasi Waktu
Media/
Sumber Belajar
16.1 Menulis naskah drama berdasarkan cerpen yang sudah dibaca

Menuliskan naskah drama berdasarkan cerpen
·         Menjelaskan unsur-unsur pembangun naskah drama
·         Menjelaskan teknik penyajian dialog
·         Menulis kerangka naskah drama berdasarkan unsur-unsur pembangun cerpen yang akan dijadikan sebuah naskah drama
·         Menulis naskah drama berdasarkan cerpen yang perrnah dibaca dengan memperhatikan keefektifan kalimat
·         Menulis naskah drama berdasarkan cerpen yang perrnah dibaca dengan memperhatikan penggunan tanda baca
·         Menulis naskah drama berdasarkan cerpen yang perrnah dibaca dengan memperhatikan penggunaan huruf kapital
·         Menulis naskah drama berdasarkan cerpen yang perrnah dibaca dengan memperhatikan cara pengutipan
·         Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang tata cara menulis naskah drama sambil melihat contohnya dengan serius dan cermat
·         Siswa berpasangan dan membaca sebuah cerpen dengan tenang
·         Siswa menuliskan alur dari cerpen yang dibaca sebagai kerangka untuk membuat naskah drama
·         Siswa secara berpasangan menulis naskah drama berdasarkan cerpen yang telah dibaca

Jenis tagihan :
a.    Tugas individu
b.   Tugas kelompok

Bentuk instrumen :
a.    Test uraian

Contoh instrumen :
·      Jelaskan unsur-unsur pembangun naskah drama.
·      Tulislah kerangka naskah drama berdasarkan unsur-unsur pembangun cerpen yang akan dijadikan sebuah naskah drama.
·      Tulislah sebuah naskah drama berdasarkan kerangka yang telah disusun.

4 Jp
Buku paket, naskah drama.
16.2 Menulis naskah drama berdasarkan peristiwa nyata

Menulis naskah drama dari kehidupan nyata
·         Menuliskan peristiwa nyata dengan kalimat yang runtut
·         Menuliskan peristiwa nyata dengan kalimat yang efektif
·         Menuliskan kerangka alur peristiwa naskah drama dari kisah yang dipilih
·         Menulis naskah drama berdasarkan kerangka yang telah dibuat dengan memperhatikan keefektifan kalimat
·          Menulis naskah drama berdasarkan kerangka yang telah dibuat dengan memperhatikan keruntutan
·          Menulis naskah drama berdasarkan kerangka yang telah dibuat dengan memperhatikan teknik penyajian dialog

·         Siswa berpasangan dan saling berdiskusi tentang peristiwa nyata yang akan diangkat menjadi naskah drama dengan tenang dan tertib
·         Siswa menyusun alur peristiwa dari kisah nyata yang dipilih
·         Siswa berpasangan mengembangkan alur yang telah dibuat kemudian mendiskusikannya menjadi sebuah naskah drama dengan sungguh-sungguh.

Jenis tagihan :
a.    Tugas individu
b.   Tugas kelompok

Bentuk instrumen :
a.    Test uraian

Contoh instrumen :
·      Tulislah sebuah uraian peristiwa.
·      Buatlah kerangka alur peristiwa naskah drama berdasarkan kisah yang dipilih.
·      Tulislah sebuah naskah drama dari kisah nyata berdasarkan kerangka yang telah dibuat.
4 Jp
Buku paket, naskah drama.