Nama sekolah :
SMP N Tasikmalaya
Mata
pelajaran :
Bahasa Indonesia
Alokasi waktu :
2x40 menit
Kelas/Semester : lX/Ganjil
Aspek :
Menulis
A.
Standar
Kompetensi
Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk karya ilmiah sederhana, teks
pidato, dan surat pembaca
B.
Kompetensi
Dasar
Menulis
teks pidato/ceramah/ khotbah dengan sistematika dan bahasa yang efektif
C.
Indikator
1. Menjelaskan
komponen dan sistematika penulisan teks pidato dengan menggunakan kalimat yang
efektif
2. Menulis
kerangka teks pidato dengan memperhatikan komponen-komponennya
3. Menulis
teks pidato sesuai kerangka yang dibuat dengan memperhatikan sistematika pidato
4. Menulis
teks pidato sesuai kerangka yang dibuat dengan memperhatikan keefektifan
kalimat
5. Menulis
teks pidato sesuai kerangka yang dibuat dengan memperhatikan penggunaan tanda
baca
6. Menulis
teks pidato sesuai kerangka yang dibuat dengan memperhatikan huruf capital
D.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah memahami konsep tentang teks
pidato siswa diharapkan :
1. Menjelaskan
komponen dan sisttematika penulisan teks pidato/ceramah/khotbah dengan
menggunakan kalimat yang efektif, intonasi, pelafalan serta volume suara yang sesuai
2. Menulis
kerangka teks pidato/ceramah/khotbah dengan memperhatikan komponen-komponennya
3. Menulis
teks pidato/ceramah/khotbah sesuai dengan kerangka yang telah dibuat dengan
memperhatikan sistematika, keefektifan kalimat, penggunaan tanda baca, dan huruf
kapital
E.
Materi
Ajar
Cara
menulis teks pidato :
1. Pengertian
pidato
2. Komponen-komponen
pidato
3. Sistematika
pidato
4. Keefektifan
kalimat
5. Penggunaan
huruf capital dan tanda baca
F.
Strstegi
Pembelajaran
1. Model :
Berdua Berpasangan
2. Pendekatan : Kontekstual
3. Metode : UnjukKerja
G.
Kegiata
Pembelajaran
1. Kegiatan
awal
a. Siswa
menjawab salam yang diucapkan guru
b. Siswa
mengkondisika kelas dengan cara berdoa
c. Siswa
menjawab pertanyaan yang diajukan guru
berkaitan dengan materi yang pernah dipelajarinya
d. Siswa
menjawab pertanyaan yang diajukan guru berkaitantan dengan materi yang akan dipelajari
hari ini
e. Siswa
memeperhatikan penjelasan guru mengenai tujuan pembelajaran yang harus dicapai
selama dan setelah mengikuti pembelajaran yang akan dilaksanakan
2. Kegiatan
Inti
a. Siswa
mendengarkan penjelasan guru tentang komponen dan sistematika pidato dengan
sungguh-sungguh
b. Siswa
berpasangan dengan teman sebelahnya
c. Setiap
pasangan bertugas untuk membuat teks pidato
d. Siswa
menulis teks pidato dengan sistematika dan bahasa yang efektif
3. Kegiatan
Akhir
a. Siswa
dan guru menyimpulkan materi pembelajaran
b. Dengan
bimbingan guru siswa melaksanakan refleksi pelaksanaan pembelajaran
c. Secara
individu siswa mengerjakan postes (menulis teks pidato)
d. Siswa
menerima tugas pendalaman dari guru.
H.
Media
dan Sumber
Belajar
1. Buku
teks
2. Contoh
teks pidato
I.
Jenis
Tagihan
Tugas
individu
J.
Bentuk
dan Instrument
Penilaian
Unjuk
kerja
Teks
pidato hasil tulisan siswa
K.
Rubik
Penilaian
1. Buatlah
teks pidato dengan tema pendidikan!
N NO
|
Aspek
yang dinilai
|
Skor
|
Bobot
|
1
|
Keefektifan
kalimat
a. Efektif
b. Kurang
efektif
c. Tidak
efektif
|
3
2
1
|
5
|
2
|
Kelengkapan
komponen teks pidato
a. lengkap
b. Kurang
lengkap
c. Tidak
lengkap
|
3
2
1
|
5
|
3
|
Sistemattika
penulisan
a. Sistematis
b. Kurang
sistematis
c. Tidak
sistematis
|
3
2
1
|
5
|
4
|
Penggunaan
tanda baca
a. Tepat
b. Kurang
tepat
c. Tidak
tepat
|
3
2
1
|
5
|
5
|
Penggunaan
huruf capital
a. Tepat
b. Kurang
tepat
c. Tidak
tepat
|
3
2
1
|
5
|